Senin, 03 Desember 2012

Info seputar Galaksi

Dalam istilah astronomi, Galaksi adalah suatu sistem yang diikat oleh gravitasi yang terdiri dari Bintang, Lubang Hitam, Nebula, Planet, Komet, Asteroid, dll.

Galaksi kita adalah Galaksi Bima Sakti atau Milk Way. Matahari adalah salah satu bintang di Galaksi Bima Sakti. kemungkinan terdapat milyaran Galaksi di Alam semesta ini. Galaksi dapat dikategorikan sebagai berikut :

- Eliptik, Galaksi tipe ini tampak memiliki sedikit struktur dan sedikit materi antar bintang, sehingga galaksi
tersebut memiliki sedikit Gugus Terbuka. Galaksi seperti ini memiliki bentuk elips dari berbagai sudut pandang contohnya adalah : Galaksi galaksi starbust yang terjadi akibat tabrakan antar Galaksi



- Spiral, Sebagian besar galaksi spiral memiliki bentuk batang linier,Batang galaksi diperkirakan merupakan struktur sementara yang disebabkan oleh gelombang kejut dari inti galaksi, atau karena interaksi pasang surut dengan galaksi lain. contoh : Galaksi Bima sakti.


Dari Milyaran Galaksi ada tiga galaksi yang masuk dalam kategori GUGUS GALAKSI LOKAL
yaitu :

-Galaksi Bima Sakti , Galaksi Bima sakti merupakan Galaksi Spiral. Dalam Galaksi Bimasakti terdapat sistem tata surya yang didalamnya terdapat Planet Bumi (-_-)YO DAWG


-Galaksi Andromeda ( M31 ), adalah galaksi yang berbentuk spiral yang dekeat dengan Bima sakti dan juga dapat dilihat dengan mata Telanjang Bulat (Bugil heheh).






-Galaksi Triangulum ( M33 ), yang kadang kadang juga disebut galaksi Roda peniti ,adalah galaksi terbesar ketiga di gugus galaksi lokal  Objek ini adalah objek terjauh yang dapat dilihat dengan mata Bugil .




diperkirakan 400-500 milyar tahun lagi Galaksi Andromeda akan bertabrakan dengan galaksi Bima sakti yang kemudian disusul oleh galaksi Triangulum. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar